5 makanan ini bisa mencegah nyeri Asam Lambung


Asam Lambung sering dikaitkan dengan penyakit maag, dan banyak yang percaya orang disebabkan oleh stres.



Asam Lambung tidak di sebabkan secara langsung oleh stres. Melainkan oleh bakteri bernama Helicobacter pylori. Inilah yang kemudian membuat penderita asam lambung sering diresepkan antibiotik dan penekanan asal oleh dokter.

Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa menekan bakteri tadi. Beberapa makanan ini membantu menyembuhkan dan mencegah asam lambung :

1. Madu

Madu bisa memerangi bakteri. Rumah sakit dan Klinik terkadang mengoleskan madu pada luka bakar dan luka terbuka lainnya. bukan hanya memerangi pada kulit saja tapi madu juga bisa menaklukan bakteri H.pylori.




Rekomendasi Dosis : bisa mengkonsumsi satu sendok makan madu alami di pagi dan malam hari untuk menenangkan perut anda.

karena bakteri H.pylori berkembangbiak dalam waktu lama, pasti anda tetap mengonsumsi madu beberapa lama setelah simto asam lambung hilang.


2. Sayuran hijau 

Brokoli, brussel sprouts, kembang kol, dan kale bisa mencegah naiknya asam lambung. Sayuran-sayuran tadi mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa memerangi H.pylori.




Rekomendasi Dosis : coba untuk mengonsumsi satu cangkir sayur-sayuran tadi setiap harinya.

Tak hanya brokoli dan lainnya membantu melawan asam lambung, tapi juga bisa mensumplai vitamin C yang cukup untuk memenuhi dosis harian. Hal ini juga akan membantu Anda memerangi asam lambung.

3. Kol

Mungkin karena kol memiliki asam amino glutamin di dalamnyalah yang membuat sayuran ini efektif memerangi asam lambung. Glutamin membantu memperkuat lapisan mucosal di dalam usus, dan meningkatkan aliran darah di perut.



Kedua hal tadi tidak hanya akan mencegah nyeri asam lambung sekaligus penyakit maag, tapi juga mempercepat sembuhnya rasa nyeri yang sudah ada.

Rekomendasi Dosis : makan dua cangkir kol mentah setiap hari. kalau suka anda juga bisa mengonsumsi jus kol mentah. Minumlah sebotol sehari selama tiga minggu untuk lambung yang lebih baik.


4. Yogurt dengan bakteri aktif 

Makanan yang seperti Yogurt dan kefir memiliki bakteri baik yang bisa mengalahkan  H.pylori, dan bisa membuat nyeri asam lambung dan maag sembuh lebih cepat.




Rekomendasi dosis : konsumsi yougurt, kefir, atau produk yang mengandung pemanis buatan, atau yang tidak disertai bakteri aktif.

5. Makanan berserat 

Buah-buahan, sayur, atau gandum utuh mengandung kadar serat yang tinggi. serta tidak hanya memperlancar pencernaan, tapi juga bisa mencegah maag dan asam lambung.



Rekomendasi dosis : Panduan kesehatan umumnya menyarankan, mengonsumsi 25-35 gram serta setiap hari untuk mendapat manfaatnya.

0 Response to "5 makanan ini bisa mencegah nyeri Asam Lambung "

Post a Comment